Arsip Bulanan: Juli 2021

Koteka Baju Adat Pria Papua di Indonesia

Koteka Baju Adat Pria Papua di Indonesia

Kalau dulu zaman sekolah suka buka atlas, pernah gak sih terbesit “Kok baju adat Papua gak pakai baju sih cuma pakai penutup gini aja?” atau “itu gak sakit dipasang kayak gitu?”
Balik lagi masih bahas Wamena, maaf beberapa hari off karena liat sendiri di IG Stories, saya masih on trip. Jujur aja kalau lagi on trip itu paling nggak bisa upload, soalnya enjoy menikmati destinasi dan ya banyakan ngobrolnya sama orang sekitar. Belum lagi butuh waktu untuk nulis, jadi ya kebiasaan ditumpuk deh.

Nah bahas si Koteka, seperti yang kalian tau Koteka adalah pakaian untuk menutup kemaluan laki-laki Papua. Meskipun sekarang udah jarang orang yang menggunakannya (kecuali di pedalaman dan daerah wisata seperti Wamena), Koteka tetap menjadi simbol dari pakaian adat Papua.

Koteka sendiri dibuat dari pohon Labu. Awalnya, isi labu dikeluarkan lalu dikeringkan. Nah, labunya juga bukan labu sembarangan yang kalian kira labu Halloween, harus pakai labu air yang sudah berumur tua. Setelah kering, baru deh dibentuk sesuai keinginan.

Lalu setelah jadi, dibuatlah beberapa lubang di koteka tersebut. Lalu sambungkan tali rotan yang nantinya akan menyangga koteka. Cara penggunaannya simpel, pasang koteka di kemaluan lalu ikatkan tali rotan itu dipinggang. Makanya jangan heran, kalau Koteka itu posisinya selalu tegak keatas, nggak kedepan.

Hidup Bersama Mereka yang (Masih) Pakai Koteka

Nah, kenapa sih harus pakai Koteka? Dan apa benar kalau kotekanya panjang dan besar, berarti… Saya sempat bertanya kenapa sih harus pakai Koteka? Kalau menurut beberapa orang saat festival, selain sebagai pakaian adat, mereka menggunakan Koteka agar mudah bergerak saat berkebun. Saya sempat mikir, bukannya lebih mudah nggak pakai apa-apa ya sekalian?

Ada juga pemikiran seperti “kalau Kotekanya panjang atau banyak pernak perniknya, ada bulunya lah, bentuknya elastis kaya ular lah, pasti itu kepala suku”. Anggapan itu salah guys! Bentuk Koteka dan ukuran itu gak melambangkan apapun. Biasanya, ukuran dan bentuk ditentukan selain dari ukuran si pengguna (yaiyalah) dan aktifitas si penggunanya. Misalnya, kalau untuk bekerja sehari-hari mereka menggunakan koteka yang pendek, nah kalau untuk upacara adat baru deh koteka yang bentuknya mulai aneh-aneh dan sedikit panjang. Sisanya ya bener-bener cuma kosmetik aja. Lagian semakin banyak ornamen, otomatis semakin berat kan kotekanya. Ngeliatnya aja ngilu. Source : instagram @

Bintang Yang Terpengaruh Oleh Penandatanganan Kane

Manchester City akan terpaksa menjual salah satu bintangnya untuk menandatangani dua target utama untuk pasar musim panas ini: Harry Kane dan Jack Grealish. Jika pasukan Pep Guardiola akhirnya mengambil alih dua pemain, jumlah yang akan dibayarkan warga untuk pertandingan internasional tim Inggris akan melebihi 250 juta euro.

Setelah informasi yang dimuat The Sun tentang kepergian Kane yang semakin dekat dari Tottenham, media Inggris ini juga memberikan nama depan dan belakang pesepakbola yang akan dikorbankan The Citizens untuk mengontrak striker Inggris: Bernardo Silva.

Gelandang Portugal pada akhirnya akan menjadi korban meskipun fakta bahwa Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Aymeric Laporte dan Gabriel Jess juga beberapa kali terdengar sebagai kandidat untuk meninggalkan klub.

Sementara pemain Aljazair itu adalah bagian penting bagi Pep Guardiola selama musim lalu dan Sterling telah dinilai kembali selama Kejuaraan Eropa, penyerang Brasil itu diberitahu bahwa mereka mengandalkannya untuk musim berikutnya meskipun ada minat yang ditunjukkan oleh Juventus untuk mengontraknya. Kepergian Kun Agüero setelah satu dekade di Manchester City telah meninggalkan lubang di keunggulan tim.

Menurut The Sun, Bernado Silva “akan menyatakan keinginannya untuk bermain di Spanyol”, dan ini dikomunikasikan ke Manchester City musim lalu. Bernardo Silva berpartisipasi dalam 45 pertandingan selama tahun ajaran 2020/21 di mana ia mencetak total lima gol dan mendistribusikan sembilan assist.

Bagaimanapun, tim Inggris telah mengumpulkan uang selama musim panas tanpa harus menjual bintang mereka.

Tanpa pembubaran tetapi berkat manajemen transfer dan klausul transfer, Manchester City telah memasuki keadaan darurat berkat penjualan Lukas Nmecha (Wolfsburg), Jack Harrison (Leeds), Angeliño (RB Leipzig) … Jadon Sancho, yang meskipun menjadi penandatanganan Manchester United ke Borussia Dortmund, telah memberikan sekitar 11 juta untuk tim warga.

Daftar Artis yang Terjerat Narkoba Berujung Rehabilitasi

Selebritis tanah air Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie yang baru-baru ini tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Awalnya, polisi yang terlebih dahulu menangkap sopir kedua pasangan tersebut, seseorang yang berinisial ZN.

Pada saat itu ketiganya ditetapkan menjadi tersangka. Merekapun terjerat Pasal 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Nia pun menambah daftar artis tanah air yang tersandung kasus narkoba. Dalam sederet artis yang dimulai dari presenter hingga komedian yang tercatat pernah menghadapi kasus penyalahgunaan narkoba.

Dalam kelanjutannya dikenai hukuman penjara, para artis yang pernah menjalani rehabilitasi. Berikut ini deretan artisnya.

1. Reza Artamevia

Penyanyi Reza Artamevia yang harus menghadapi jalan hukum sesudah polisi menemukan 0,78 gram sabu. Reza ditangkap di salah satu restoran kawasan Jatinegara Jakarta Timur pada September 2020 lalu.

Reza ditetapkan 10bulan penjara oleh hakim PN Jakarta Timur. Tetapi hukuman pdana itu dikurangi karena masa penahanan dan rehabilitasi yang sudah dijalani reza.

Reza telah mulai rehabilitasi sejak 10 September 2020 dan telah keluar pada 2 April 2021. Pada masa rehabilitasi akan jauh lebih lama dari yang telah ditetapkan BNN yaitu hingga 6 bulan.

2. Ridho Rhoma

Penyanyi dangdung Ridho Rhoma juga tersandung kasus narkoba dan ditetapkan pidana selama 10bulan. Ia juga sudah ditetapkan untuk menjalani tahap rehabilitas dan sosial di RSKO Cibubur hingga 6bulan 10 hari.

3. Dwi Sasono

Ditangkap pada saat dirumahnya yang dikawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, 26 Mei 2020 kira-kira pukul 20.00 WIB oleh Polda Metro Jaya. Polisi yang menyita sejumlah barang bukti yaitu ganja yang seberat 16 gram di rumah Dwi.

4. Jefri Nichol

Seleb muda Jefri Nichol yang menjadi tersangka karena mengonsumsi narkotika jenis ganja. Ia pun ditangkap di kawasan Timur, Bangka, Jakarta Selatan. Jefripun ditetapkan tujuh bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur.

5. Raffi Ahmad

Aktor yang sekaligus menjadi presenter yang sempat tersandung kasus penyalahgunaan narkoba pada kediaman bersama dengan 13 orang lainnya pada tahun 2013 lalu. Diketahui ia mengonsumsi methylone yang mengandung zat amphetamine.

 

Perlu Diketahui, 4 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Wanita

Pria dan juga wanita mempunyai kondisi tubuh yang berbeda. Ini dikarenakan masalah kesehatan yang dimiliki juga berbeda. Walaupun mempunyai penyakit dan juga gejala yang sama, akan tetapi efek yang dirasakan oleh tubuh juga akan berbeda.

Maka dari itu wanita biasanya diperlukan adanya perawatan khusus. Pada kondisi saat ini sudah ada pengakuan jika perbedaan gender diantara wanita dan pria yang ternyata bisa mempengaruhi kondisi dari kesehatan dan juga pada obat-obatan.

Menurut dari para peneliti mengatakan jika faktor genetik dan hormon yang beda bisa membuat mereka akan mengalami penyakit dan juga pengobatan yang berbeda. Dilansir dari Vital Record, jika pria yang mempunyai hormon testosteron yang lebih tinggi, sedangkan pada wanita pra-menopause dengan kadar estrogen dan juga progesteronnya yang lebih tinggi.

Hormon estrogen yang membuat wanita mempunyai tingkat infeksi yang lebih rendah, dikarenakan hormon yang berfungsi untuk senyawa anti-inflamasi. Ketika dampaknya negatif merupakan penyakit autoimun yang bisa cenderung berkembang lebih tinggi daripada pria.

Pada saat estrogen mulai menurun, berbagai penyakit yang saat ini sedang dialami akan semakin berkembang dengan sangat cepat. Berikut ini ada beberapa penyakit yang sering dialami oleh wanita:

1. Kanker Payudara

Berikut ini yang menjadi penyakit kanker ya=ng aktif yang dialami oleh banyak wanita. Mereka yang tinggal di negara yang maju akan cenderung rentan terkena kanker payudara karena mempunyai rentang usia yang jauh lebih panjang.

Kanker yang berasal dari lapisan susu ini bisa menyebar ke organ lain dan dapat merusaknya.

2. Kanker Ovarium dan Serviks

Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit yang berasal dari bagian bawah rahim. Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami rasa sakit pada saat berhubungan dan timbul cairan.

Lalu, kanker ovarium yang berasal dari saluran tuba. Tetapi, dari penyakit ini anda dapat cegah pada dinihari, mungkin saja bisa terdapat gejala yang samar.

3. Autoimun

Penyakit ini sebagian besar dialami oleh wanita, hingga dalam penelitian alami yang masih kebinggungan dengan hal tersebut. Autoimun yang terjadi ketika virus yang menyerang pada sel-sel sehat. Gejala ini sering dirasakan seperti mengalami demam, kelelahan, iritasi kulit dan juga vertigo.

4. Depresi dan Kecemasan

Disaat anda sedang menstruasi, wanita kebanyakan akan mengalami beberapa gangguan pada tubuh yang biasa disebut sebagai premenstrual syndrome.

Biasanya mereka yang sedang mengalami stres, perubahan emosional sampai dengan gangguan kecemasan. Wanita juga akan sering mengalami depresi ketika memasuki peralihan ke menopause.