Arsip Tag: pantai blitar

Pantai Gondo Mayit Tempat Terapung Banyak Mayat

Pantai Gondo Mayit Tempat Terapung Banyak Mayat

Pernahkah kamu terbayang jika pergi ke pantai, bagaimana sejarah suatu pantai tersebut? Di blitar ada suatu pantai yang bernama gondo mayit. Pantai ini merupakan salah satu pantai pasir putih yang sangat bagus yang ada di Indonesia. Alasan banyak sekali wisatawan yang suka berkunjung ke pantai ini adalah karena sangat sepi jadinya bisa lebih tenang jika berkunjung ke pantai gondo mayit.

Gondo mayit sendiri memiliki sejarah yang sangat menyeramkan bagi sebagian orang. Contohnya adalah nama gondo mayit berasal dari kata bau mayat. Legendanya adalah dulu di pantai ini banyak mayat yang terapung sehingga pantai ini menjadi berbau tidak sedap. Lalu ada cerita lain yang mengatakan bahwa orang yang datang kesana tidak akan pernah kembali lagi ke asalnya.

Bagaimana dengan cerita sesungguhnya? Mari kita simak perjalanan Ashari Yudha sang travel blogger yang pergi mengunjungi pantai gondo mayit ini.

5 Tempat Wisata yang Belum Terjamah di Jawa Timur - Jawa Timur

“Dulu disini banyak mayat mengambang Mas dengan kondisi udah membusuk hingga gak dikenali lagi”.

“Seriusan Mas? Di pantai seindah ini?”

“Iya Mas. Kalau gak percaya, di balik bukit ada kuburannya kok.”.

Ternyata benar, Blitar memiliki banyak pantai indah. Sepanjang pesisir Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, itu isinya pantai indah doang. Nggak akan pernah ada bosannya untuk mengeksplor keindahan yang tersembunyi disini. Saya mengunjungi beberapa pantai kemarin, dari Pantai Pangi, Tambak Rejo, Peh Pulo, dan Gondo Mayit. Tapi yang punya kisah menarik adalah pantai Gondo Mayit.

Menurut orang-orang sekitar, dahulu kala banyak mayat yang mengambang disekitaran pantai. Katanya sih, orang-orang ini adalah korban pembantaian PKI yang dulu tinggal di daerah Blitar. Bukan hanya orang PKInya saja, tapi korban pemberontakannya juga dibuang disana. Bisa dibayangkan gimana membusuknya mayat yang ditumpuk gitu aja disana. Hiiiii!

Gak nyangka, pantai yang sekarang super indah ini dulunya merupakan tempat pembuangan mayat. Ngeri!

Gini nih yang bikin saya seneng explore tempat-tempat baru, banyak hal-hal unik yang bisa ditemui selama perjalanan. Kalau kamu, apa yang membuatmu senang traveling? Cari jodoh kah?